Pemrograman Gui Java
Untuk menciptakan suatu kegiatan intinya harus mempunyai tampilan visual semoga sanggup menarik dan nyaman dipakai oleh pengguna. GUI (Graphical User Inteface) merupakan elemen visual yang penting dalam membangun sebuah aplikasi yang user friendly. Java menyediakan banyak tool menyerupai AWT (Abstract Windowing Toolkit) dan Swing untuk berbagi aplikasi GUI yang interaktif.
Swing menyediakan implementasi platform independent dimana aplikasi dikembangkan dengan platform yang berbeda sanggup mempunyai tampilan yang sama. Begitu juga dengan AWT menciptakan tampilan look and feel pada aplikasi yang dijalankan pada dua mesin yang berbeda menjadi terlihat sama. Swing API dibangun dari beberapa API yang mengimplementasikan beberapa bab dari AWT. Jadi, komponen Swing dan AWT sanggup dipakai secara bersama.
1. Komponen AWT
Berikut yakni beberapa komponen yang terdapat dalam package AWT.
2. Komponen Swing
Nama dari komponen Swing hampir sama persis dengan AWT. Perbedaannya hanyalah pada penamaan komponen. Penamaan komponen sama dengan AWT akan tetapi ditambahi J pada prefixnya. Berikut yakni beberapa daftar dari komponen Swing.
JLabel JButton JTextField
JtextArea JPanel JOptionPane
Jcheckbox JFrame JApplet
Berikut yakni pola kegiatan GUI sederhana :
import java.awt.*;
import javax.swing.*;
public class cobaGUI extends JFrame{
Label label1 = new Label("Label dari AWT");
JLabel label2 = new JLabel("Label dari Swing");
Button button1 = new Button("Button AWT");
JButton button2 = new JButton("Button Swing");
TextField text1 = new TextField("TextField AWT");
JTextField text2 = new JTextField("TextField Swing");
public cobaGUI(){
setTitle("Coba GUI");
setSize(500, 400);
setLocationRelativeTo(null);
setVisible(true);
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
}
public void komponen(){
getContentPane().setLayout(null);
getContentPane().add(label1);
label1.setBounds(70, 50, 100, 25);
getContentPane().add(label2);
label2.setBounds(280, 50, 100, 25);
getContentPane().add(button1);
button1.setBounds(70, 100, 120, 30);
getContentPane().add(button2);
button2.setBounds(280, 100, 120, 30);
getContentPane().add(text1);
text1.setBounds(70, 150, 120, 25);
getContentPane().add(text2);
text2.setBounds(280, 150, 120, 25);
}
public static void main(String[]args){
cobaGUI gui = new cobaGUI();
gui.komponen();
}
}
output :
Swing menyediakan implementasi platform independent dimana aplikasi dikembangkan dengan platform yang berbeda sanggup mempunyai tampilan yang sama. Begitu juga dengan AWT menciptakan tampilan look and feel pada aplikasi yang dijalankan pada dua mesin yang berbeda menjadi terlihat sama. Swing API dibangun dari beberapa API yang mengimplementasikan beberapa bab dari AWT. Jadi, komponen Swing dan AWT sanggup dipakai secara bersama.
1. Komponen AWT
Berikut yakni beberapa komponen yang terdapat dalam package AWT.
Label Button Choice
TextField TextArea Checkbox
List Scollbar CheckboxGroup
TextField TextArea Checkbox
List Scollbar CheckboxGroup
2. Komponen Swing
Nama dari komponen Swing hampir sama persis dengan AWT. Perbedaannya hanyalah pada penamaan komponen. Penamaan komponen sama dengan AWT akan tetapi ditambahi J pada prefixnya. Berikut yakni beberapa daftar dari komponen Swing.
JLabel JButton JTextField
JtextArea JPanel JOptionPane
Jcheckbox JFrame JApplet
Berikut yakni pola kegiatan GUI sederhana :
import java.awt.*;
import javax.swing.*;
public class cobaGUI extends JFrame{
Label label1 = new Label("Label dari AWT");
JLabel label2 = new JLabel("Label dari Swing");
Button button1 = new Button("Button AWT");
JButton button2 = new JButton("Button Swing");
TextField text1 = new TextField("TextField AWT");
JTextField text2 = new JTextField("TextField Swing");
public cobaGUI(){
setTitle("Coba GUI");
setSize(500, 400);
setLocationRelativeTo(null);
setVisible(true);
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
}
public void komponen(){
getContentPane().setLayout(null);
getContentPane().add(label1);
label1.setBounds(70, 50, 100, 25);
getContentPane().add(label2);
label2.setBounds(280, 50, 100, 25);
getContentPane().add(button1);
button1.setBounds(70, 100, 120, 30);
getContentPane().add(button2);
button2.setBounds(280, 100, 120, 30);
getContentPane().add(text1);
text1.setBounds(70, 150, 120, 25);
getContentPane().add(text2);
text2.setBounds(280, 150, 120, 25);
}
public static void main(String[]args){
cobaGUI gui = new cobaGUI();
gui.komponen();
}
}
output :
Comments
Post a Comment