Transmisi Data

Transmisi Data

Transmisi data merupakan suatu proses pengiriman atau transfer data dari pengirim(source) ke penerima(destination). Data dari pengirim(source) tidak ditransmisikan secara pribadi dalam bentuk data, melainkan dengan memakai transmitter. Transmitter disini berfungsi untuk mengubah atau mengkodekan informasi(data) menjadi sebuah sinyal elektromagnetik. Kemudian sinyal akan ditransmisikan melalui media transmisi. Sinyal dari source akan ditangkap oleh receiver untuk diubah atau dikodekan kembali menjadi data. Kemudian data tersebut diterima oleh penerima(destination). 

 Contoh transmisi data
Keberhasilan atau kesuksesan sebuah transmisi data ditentukan oleh dua faktor ialah :
- Kualitas dari sinyal yang ditransmisikan
- Karakteristik media transmisi

Media Transmisi

Transmisi data terjadi antara transmitter dan receiver melalui media transmisi. Media transmisi dibagi menjadi dua ialah :
a. Guided : Data ditransmisikan dalam bentuk gelombang melalui sepanjang jalur fisik dan dikendalikan, ibarat twisted pair, kabel koaksial, dan fiber optik.
b.Unguided : Media unguided biasa disebut media wireless, data ditransmisikan melalui jalur fisik dan tidak mengendalikannya. Contoh unguided media ialah udara, air, vacuum(ruang hampa).

Terminologi Transmisi Data

- Direct Link : Transmisi data dilakukan melalui sambungan pribadi (tanpa perantara), transmisi antara dua perangkat dimana sinyal ditransmisikan pribadi dari transmitter ke receiver dengan tanpa mediator ibarat amplifier atau repeater. - Point to point : Direct Link antara dua perangkat dan hanya dua perangkat sama-sama memakai media yang memakai jalur hubungan.


TX/RX : Transmitter/Receiver
- Multi-point : Lebih dari dua perangkat memakai media yang sama dalam jalur hubungan


Dapat dilihat bahwa multi-point terdapat 2 atau lebih perangkat (transmitter/receiver) pada media yang sama. Dan juga terdapat amplifier dan repeater yang dipakai untuk memperkuat sinyal.

Transmisi data sanggup dilakukan secara :
1. Simplex
- Sinyal ditransmisikan satu arah ialah dari pengirim ke penerima.
- Sumber yang satu bertindak sebagai transmitter data dan mengirimkannya ke receiver lainnya.
Contohnya : siaran televisi, siaran radio
2. Duplex
a) Half Duplex
- Sinyal ditransmisikan dari dua arah secara bergantian
- Kedua perangkat sanggup melaksanakan transmisi tetapi secara bergantian dalam satu waktu
Contohnya : komunikasi memakai handy talky
b) Full Duplex
- Sinyal ditransmisikan dari dua arah secara bersamaan
- Kedua perangkat sanggup melaksanakan transmisi secara bersamaan
Contohnya : komunikasi memakai telepon

Referensi :  William Stallings, Data and Computer Communications : Eight Edition, Prentice Hall, Pearson Education Inc : 2007

Comments

Popular posts from this blog

Tugas Komplemen Terakhir

Konsep Oop Encapsulation