Pengenalan Php

PHP (Hypertext Prepocessor) merupakan bahasa pemrograman web yang sanggup disisipkan dalam script HTML. Banyak sintaks di dalamnya yang menyerupai dengan bahasa C, Java dan Perl. PHP pertama kali ditemukan oleh Rasmus Lerdrof pada tahun 1995. Ide awal PHP ketika Rasmus ingin mengetahui jumlah pengunjung yang membaca resume onlinenya. Script yang dikembangkan gres sanggup merekam warta pengunjung dan menampilkan jumlah pengunjung dari suatu website. Kemudian banyak orang mulai mendiskusikan script buatan Rasmus Lerdrof, sampai risikonya menciptakan sebuah tools berjulukan Personal Home Page(PHP)

Kebutuhan PHP sebagai tool yang serba guna menciptakan Lerdorf melanjutkan untuk berbagi PHP sampai menjadi suatu bahasa tersendiri yang mungkin sanggup mengkonversikan data yang di inputkan melalui Form HTML menjadi suatu variable, yang sanggup dimanfaatkan oleh sistem lainnya. Untuk merealisasikannya, risikonya Lerdrof mencoba berbagi PHP memakai bahasa C ketimbang memakai Perl. Tahun 1997, PHP versi 2.0 di rilis, dengan nama Personal Home Page Form Interpreter (PHP-FI). PHP Semakin popular, dan semakin diminati oleh programmer web dunia.

Rasmus Lerdrof benar-benar mengakibatkan PHP sangat populer, dan berbagai Team Developer yang ikut bergabung dengan Lerdrof untuk berbagi PHP sampai menjadi menyerupai sekarang, Hingga risikonya dirilis versi ke 3-nya, pada Juni 1998, dan tercatat lebih dari 50.000 programmer memakai PHP dalam menciptakan website dinamis.

Pengembangan demi pengembangan terus berlanjut, ratusan fungsi ditambahkan sebagai fitur dari bahasa PHP, dan di awaal tahun 1999, netcraft mencatat, ditemukan 1.000.000 situs di dunia telah memakai PHP. Ini pertanda bahwa PHP merupakan bahasa yang paling terkenal dipakai oleh dunia web development. Hal ini mengagetkan para developernya termasuk Rasmus sendiri, dan tentunya sangat diluar dugaan sang pembuatnya. Kemudian Zeev Suraski dan Andi Gutsman selaku core developer (programmer inti) mencoba untuk menulis ulang PHP Parser, dan diintegrasikan dengan memakai Zend scripting engine, dan mengubah jalan alur operasi PHP. Dan semua fitur gres tersebut di rilis dalam PHP 4.

Pada tanggal 13 Juli 2004, evolusi PHP, PHP telah mengalami berbagai perbaikan disegala sisi, dan masuk akal kalau netcraft mengumumkan PHP sebagai bahasa web terkenal didunia, alasannya yaitu tercatat 19 juta domain telah memakai PHP sebagai server side scriptingnya. PHP ketika ini telah Mendukung XML dan Web Services, Mendukung SQLite. Tercatat lebih dari 19 juta domain telah memakai PHP sebagai server scriptingnya. Benar-benar PHP sangat mengejutkan.

Keunggulan PHP :
1. PHP bersifat open source, free, bebas dipakai dan di download siapa saja.
2. Cross Platform (Windows, Linux, Unix, etc)
3. PHP compatible dengan hampir semua server (Apache, IIS, etc)
4. PHP mendukung banyak databases (MySQL, Informix, Oracle, Sybase, Solid, PostgreSQL, dll)

Sintaks PHP 
Penulisan sintaks PHP di apit oleh tanda <?php … ?> atau <? … ?> atau Mari kita coba untuk menciptakan aktivitas pertama dengan PHP.
Buatlah sebuah file dengan nama index.php kemudian isikan arahan berikut ini :

<?php echo "Hello World!"; ?>  

Simpan dan jalankan di server Anda. Untuk percobaan saya memakai xampp. Hasilnya akan tampak sebagai berikut :

Referensi : Loka Dwiartara : Menyelam dan Menaklukan Samudra PHP 

Sekian dan terima kasih, nantikan tutorial berikutnya.
Happy Coding :)

Comments

Popular posts from this blog

Tugas Komplemen Terakhir

Transmisi Data

Konsep Oop Encapsulation