Konsep Oop Kelas Dan Objek


OOP merupakan akronim dari Object Oriented Programming atau biasa disebut pemrograman berorientasi objek. Pemprograman Berbasis Objek merupakan salah satu teknik pemrograman menurut objek. OOP memiliki 3 pilar utama di dalamnya adalah Encapsulation, Inheritance, dan Polymorphism.

Kelas merupakan prototype / blue print dari objek-objek yang akan dibentuk yang mendefinisikan variabel - variabel dan method - method secara umum.


Objek merupakan bab dinamis dari suatu kelas. Penggunaan kelas tidak dapat langsung, akan tetapi harus dibentuk objek terlebih dahulu. Objek merupakan hasil instansiasi dari suatu kelas. Proses pembentukan objek dari suatu kelas disebut dengan instantiation.


Sebagai teladan kita akan menciptakan kelas mahasiswa. Kelas Hewan mempunya atribut nama dan nim. Dan juga method diantaranya tampilkan nama, tampilkan nim. makan, minum, olahraga dan belajar.


public class Mahasiswa {      public String nama;     public String nim;      public Mahasiswa(String nama, String nim) {         this.nama = nama;         this.nim = nim;     }      public String tampilkanNama(){         return nama;     }      public String tampilkanNim(){         return nim;     }      public void makan(){         System.out.println("Nyam... Nyam... Nyam...");     }      public void minum(){         System.out.println("segaaarrrr......");     }      public void olahraga(){         System.out.println("Sehat sehat sehat");     }      public void Belajar(){         System.out.println("Pintar pandai pintar");     } } 

Kemudian buat sebuah objek dengan menginstansiasi kelas Mahasiswa.

public class main {     public static void main (String[]args){         Mahasiswa mhs = new Mahasiswa("Wim", "1234");         System.out.println("Nama \t : "+ mhs.tampilkanNama());         System.out.println("NIM \t  : "+ mhs.tampilkanNim());         mhs.makan();         mhs.minum();         mhs.Belajar();         mhs.olahraga();         System.out.println();          Mahasiswa mhs = new Mahasiswa("Elaine", "4848");         System.out.println("Nama \t : "+ mhs.tampilkanNama());         System.out.println("NIM \t  : "+ mhs.tampilkanNim());         mhs.makan();         mhs.minum();         mhs.Belajar();         mhs.olahraga();         System.out.println();     } } 

Untuk melihat alhasil jalankan kelas main.

Terima kasih, selamat mencoba
Happy Coding :)

Comments

Popular posts from this blog

Implementasi Basis Data

(Tutorial Ios) Custom Uitableviewcell In Uitableview

(Tutorial Android) Image Loader Using Glide